Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook Like











Ads google test

Home » , » ABS ( Alkyl Benzene Sulfonate )

ABS ( Alkyl Benzene Sulfonate )

ABS (  Alkyl Benzene Sulfonate )






http://resepkimiaindustri.blogspot.com/

ABS merupakan surfaktan yg banyak di gunakan dalam industry berupa cairan kental berwarna coklat, mudah larut dalam air.

ABS digunakan untuk memproduksi deterjen rumah tangga termasuk bubuk cuci, cairan laundry, cairan pencuci piring dan pembersih rumah tangga lainnya serta dalam berbagai aplikasi industri.

ABS ini memiliki dampak negatif terhadap lingkungan karena molekul ABS ini tidak dapat dipecahkan oleh mikroorganisme sehingga berbahaya bagi persediaan suplai air tanah. Selain itu, busa dari ABS ini menutupi permukaan air sungai sehingga sinar matahari tidak bisa masuk pada dasar sungai yang dapat menyebabkan biota sungai menjadi mati dan sungai menjadi tercemar.




proses pembuatan ABS (  Alkyl Benzene Sulfonate )


Proses pembuatan ABS ini adalah dengan mereaksikan Alkil Benzena dengan Belerang Trioksida, asam Sulfat pekat atau Oleum. Reaksi ini menghasilkan Alkil Benzena Sulfonat. Jika dipakai Dodekil Benzena maka persamaan reaksinya adalah C6H5C12H25 + SO3 = C6H4C12H25SO3H (Dodekil Benzena Sulfonat). Reaksi selanjutnya adalah netralisasi dengan NaOH sehingga dihasilkan Natrium Dodekil Benzena Sulfonat

0 komentar:

Posting Komentar