Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook Like











Ads google test

Home » , » Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS)

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS)

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS)



http://resepkimiaindustri.blogspot.com/
Linear Alkylbenzene Sulfonate dengan rumus C12H25C6H4-SO3Na suatu senyawa yang dihasilkan dengan mereaksikan antara Linear Alkylbenzene (C12H25C6H5) dan oleum (H2SO4.SO3) di dalam reaktor. Linear Alkylbenzene Sulfonate dalam bidang industri banyak digunakan sebagai bahan aktif pembuatan deterjen sintetis, selain itu juga banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat bahan pembersih seperti pembersih lantai, peralatan rumah tangga yang memakai bahan kimia ini

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS) Adalah Surfaktan (surface active agent) merupakan zat aktif permukaan yang mempunyai ujung berbeda yaitu hydrophile (suka air) dan hydrophobe (suka lemak). Bahan aktif ini berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan.

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS) lebih aman di gunakan atau lebih ramah lingkungan di bandingkan dengan ( ABS ) karena abs dapat menutupi permukaan air sehingga micro organisme di dalam air tidak dapat berkembang dengan baik.

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS) juga relatif mudah didegradasi secara biologi dibanding ABS. LAS bisa terdegradasi sampai 90 persen. Akan tetapi prorsesnya sangat lambat, karena dalam memecah bagian ujung rantai kimianya khususnya ikatan o-mega harus diputus dan butuh proses beta oksidasi. Karena itu perlu waktu. Menurut penelitian, alam membutuhkan waktu sembilan hari untuk mengurai LAS. Itu pun hanya sampai 50 persen.

FUNGSI Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS)



- bahan active untuk sabun bubuk, sabun cair - handsoap - sabun cuci piring - otomotif cleaner.
- mempunyai daya bersih yang tinggi.

- menghasilkan busa banyak.
- mudah dibilas & kesat.
- merupakan bahan active sabun yang ramah lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar